Jumat, 02 Maret 2018


12 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur - Saat bangun tidur, apa yang pertama kali Anda lakukan? Apakah Anda mempunyai kebiasaan selalu minum air putih? Jika ya, sebaiknya pertahankan kebiasaan tersebut. Minumlah segelas air putih ketika perut dalam keadaan kosong atau setidaknya satu menit setelah bangun tidur, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Beberapa masalah, seperti kulit kering, sembelit, sakit punggung dan kelelahan, bisa hilang dalam sekejap hanya dengan minum air putih.

Minum delapan gelas air setiap hari juga mampu melindungi kita dari berbagai macam penyakit. Terlebih saat perut dalam keadaan kosong, air putih sangat mudah sekali diserap oleh tubuh. Oleh karena itu minum air putih saat bangun tidur memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita. Berikut adalah 12 manfaat luar biasa jika kita rutin minum air putih setelah bangun tidur atau saat perut kosong.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air yang mudah diserap tubuh membantu mengoptimalkan sistem imun melawan berbagai macam penyakit. Peredaran darah menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Tubuh akan terasa vit sepanjang hari, otak menjadi lebih fresh dan daya ingat pun meningkat tajam.

2. Membantu mengeluarkan racun (detoksifikasi)

Malam hari adalah waktu dimana tubuh kita sedang mengalami perbaikan diri dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Saat kita bangun di pagi hari dan perut masih dalam keadaan kosong, dengan meminum air langsung maka tubuh akan segera membersihkan racun berbahaya ini. Minum banyak air ternyata juga membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

3. Mencegah berat badan naik

Minum air di pagi hari saat perut masih kosong, akan membantu melepaskan semua racun dan memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu semakin banyak minum air, maka akan semakin berkurang pula keinginan kita untuk selalu makan cemilan berlemak dan tidak sehat. Kita akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat untuk makan bisa berkurang. Sehingga bisa mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

4. Menyehatkan ginjal

Kebutuhan asupan air jika tercukupi bisa membantu meringankan kerja ginjal sekaligus menjaga kesehatannya. Terlebih jika kita rutin minum air putih dipagi hari, kinerja organ ginjal menjadi lebih optimal.

5. Memperlancar buang air besar

Resiko sembelit akan berkurang apabila kita rajin minum air putih di pagi hari. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih setelah bangun tidur untuk memperlancar buang air besar.

6. Memperbaiki sistem pencernaan

Minum minimal satu gelas air putih ketika perut benar-benar kosong setelah tidur di malam hari membantu memperbaiki sistem pencernaan. Kinerja sistem pencernaan meningkat hingga 24%, dan dalam waktu 2 jam ke depan sistem pencernaan akan menyerap banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

7. Meredakan sakit kepala


Sakit kepala sering terjadi ketika kita bangun dari tidur, hal ini disebabkan peredaran darah belum sepenuhnya stabil. Untuk itu sangat dianjurkan segera minum air putih saat bangun tidur.

8. Meningkatkan sirkulasi darah

Sistem peredaran darah bisa terganggu akibat dari endapan racun dan lemak yang berkumpul di dalam sistem saraf. Kita bisa membersihkan endapan tidak berguna tersebut dengan minum air putih saat perut dalam keadaan kosong. Sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga organ tubuh bisa bekerja secara optimal. Jika organ tubuh sudah bekerja optimal, tentu saja tubuh kita akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya. Sangat dianjurkan mengkonsumsi air selagi masih hangat saat perut benar-benar dalam keadaan kosong.

9. Penyeimbang sistem getah bening

Minum air putih selagi perut masih kosong bisa membantu menyeimbangkan sistem getah bening sehingga bisa bekerja dengan optimal. Dengan sistem getah bening yang bekerja optimal maka tubuh akan memiliki kekuatan maksimal untuk melawan infeksi yang bisa memperburuk kesehatan tubuh.

10. Penyeimbang sistem Limpa

Minum air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Awali hari anda dengan menghidrasi tubuh, sehingga bisa memaksimalkan fungsi tubuh seharian penuh dan mencegah infeksi.

11. Mencerahkan kulit

Pernahkah Anda memperhatikan perempuan jepang yang kebanyakan dari mereka memiliki tubuh ramping, kulit sehat dan kencang dibanding perempuan di negara lain. Diduga hal tersebut terkait dengan kebiasaan dan gaya hidup yang mereka jalani. Salah satunya adalah kebiasaan minum air putih saat bangun tidur.

12. Rambut tampak berkilau

Minum banyak air membantu memperlancar asupan nutrisi pada rambut dari luar maupun dari dalam. Rambut juga terbentuk dari hampir seperempat dari beratnya. Maka dari itu jika asupan air tidak mencukupi maka bisa menyebabkan rambut rapuh dan tipis untuk tiap helainya.


Cara Penerapan Minum Air Setelah Bangun Tidur Untuk Hasil Terbaik


Kegiatan minum air setelah bangun tidur merupakan kebiasaan yang sehat. Selain terbukti mampu mengatasi berbagai kelainan fungsi tubuh, banyak minum air putih di pagi hari juga dapat mengurangi resiko gangguan siklus wanita dan penyakit terkait mata. 

Kita juga akan mendapatkan kesegaran sepanjang hari. Namun akan lebih baik lagi jika Anda mengikuti metode penerapan minum air putih seperti yangh ditulis di bawah ini :

- Minumlah sebanyak 640ml atau sekitar 4 gelas air setelah bangun tidur, sebelum sikat gigi dan kondisi perut dalam keadaan kosong.
- Jangan makan apapun selama 45 menit setelahnya.
- Minumlah air 30 menit sebelum makan.
- Apabila Anda tidak bisa minum sebanyak 640ml saat perut kosong, Anda bisa memulainya dengan satu gelas atau sebanyak yang dibutuhkan. Tidak perlu memaksakan diri, Anda bisa secara bertahap meningkatkan asupan air hingga mencapai tingkat yang di inginkan (640ml).

Demikian info kesehatan keluarga indonesia tentang manfaat minum air putih setelah bangun tidur. Mulailah untuk banyak minum air putih setelah bangun tidur atau ketika perut masih dalam keadaan benar-benar kosong. Jadikan itu sebagai kebiasaan, maka Anda akan mendapatkan segudang manfaat bagi kesehatan. Jadi jangan malas untuk melakukannya, ya! 


Silahkan Click disini untuk mengetahui Informasi lebih lanjut

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!

Popular Posts